Soal-Soal Latihan Ulangan Semester Kelas IV SD

LAPORAN OBSERVASI DI SD XAVERIUS I PALEMBANG (LAPORAN KE-7)

LATIHAN ULANGAN SEMESTER

PENGANTAR

Pada observasi kali ini siswa akan diberikan soal-soal latihan ulangan semester sebagai evaluasi dari apa yang telah mereka pelajari selama satu semester ini dan untuk persiapan ujian semester pada tanggal 26 November 2010. Soal-soal yang akan diberikan meliputi seluruh materi yang diajarkan di semester gasal kelas IV.

TUJUAN

Tujuan dari observasi ini adalah untuk melakukan evaluasi hasil belajar siswa selama semester I dan untuk memberikan soal-soal latihan sebagai persiapan untuk menghadapi ujian semester di sekolah.

PERTANYAAN OBSERVASI

Apakah soal-soal yang diberikan kepada siswa dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi hasil belajar siswa selama semester genap di kelas IV SD Xaverius I Palembang?

HASIL DAN PEMBAHASAN

Pada observasi ini siswa diberikan soal-soal latihan ulangan semester yang meliputi seluruh materi di kelas IV SD semester I, yaitu Operasi Hitung Bilangan, Kelipatan dan Faktor Bilangan, Pengukuran, serta Segitiga dan Jajaran Genjang. Soal-soal yang diberikan berbentuk esay singkat dan soal-soal uraian. Kelas dikondisikan seperti pada ujian semester yang sebenarnya. Berikut ini hasil pengerjaan siswa dari soal-soal yang diberikan.

Dari hasil yang diperoleh, rata-rata siswa dapat mengerjakan seluruh soal yang diberikan. Seluruh bentuk jawaban siswa telah dalam bentuk formal atau dalam bentuk angka-angka. Jadi jawaban yang diberikan siswa pun hampir seragam. Keunikan terjadi pada sebuah soal realistik yang sering sekali dialami siswa tapi sulit untuk bisa mereka selesaikan.

Soal no 5 yang berbunyi: ” Dalam kelas IV SD Suka Maju terdapat 39 siswa. Bila siswa kelas tersebut dibagi menjadi 8 kelompok untuk mengerjakan tugas kelompok. Berapa banyak siswa kirakira dalam satu kelompok?”

Soal ini menjadi kendala hampir separuh siswa. Ada yang berpendapat bahwa soal ini keliru dalam penulisan, ada yang beranggaan bahwa soal ini tidak dapat diselesaikan dengan angka yang bulat sehingga mereka mendapatkan pecahan desimal dalam pengerjaannya, dan ada pula yang mengambil hasil pembagian terkecil yang bisa dilakukan dan lebihnya tidak bisa dibagi ke dalam kelompok. Dari pengerjaan siswa, dapat disimpulka bahwa siswa hanya menggunkan satu cara untuk menyelesaikan soal tersebut, cara pembagian. Tidak ada siswa yang menjawab dengan cara sederhana seperti menggambarkan ataupun mengelompokkan data. Hal ini kami diskusikan bersama dengan guru kelas mengenai jawaban siswa tersebut. Kami berpendaat bahwasanya siswa sangat kurang mendapatkan soal-soal yang berbentuk soal cerita ataupun soal-soal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Biasanya soal-soal yang diberikan merupakan soal-soal yang sama dengan yang ada di dalam buku cetak yang dipakai di kelas. Pada saat siswa menjawab soal yang diberikan, karena kondisi kelas diumpamakan sama dengan ujian semester, maka kami tidak dapat memberikan bantuan berupa pertanyaan yang membimbing siswa dalam menjawab soal-soal. Barulah di akhir pembelajaran, soal-soal yang dianggap sulit untuk diselesaikan bagi siswa, dibahas bersama.

Dalam mengerjakan soal di kelas, keadaan kelas sangatlah tenang dan serius. Siswa telah mampu bekerja sendiri tanpa tergantung pada temannya. Keadaan seperti ini sudah sangat jarang ditemui apalagi di sekolah dasar seperti ini. Selain diberi soal-soal latihan ulangan semester yang dikerjakan di kelas, siswa juga diberikan soal-soal latihan yang lain yang bisa dikerjakan oleh mereka di luar jam sekolah. Pemberian soal-soal ini dimaksudkan agar matangnya persiapan siswa menghadapi ujian semester, sebagaimana yang dihrapkan oleh guru kelasnya.

KESIMPULAN

Pada observasi kali ini, sesuai kesepakatan dengan guru matematika di kelas IV, akan diadakannya ujian selayaknya ujian semester untuk memantau pemahaman siswa mengenai materi kelas IV semester I. Pelajarannya meliputi Operasi Hitung Bilangan, Kelipatan dan Faktor Bilangan, Pengukuran, serta Segitiga dan Jajaran Genjang. Kurangnya pembiasaan terhadap bentuk soal-soal relaistik dan cerita, membuat siswa menjadi terkendala dalam menyelesaikan permasalahan yang diberikan. Selain itu, dari hasil jawaban siswa, kami mendapat kesimpulan bahwa siswa telah mencapai tahap berfikir formal dalam mengerjakan soal-soal matematika dalam bentuk cerita dan rata-rata cara mereka memperoleh jawaban sudah benar, mekipun ada kalanya mereka salah perhitungan dalam mengerjakannya.

2 responses to “Soal-Soal Latihan Ulangan Semester Kelas IV SD

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s