Memecahkan Masalah Perhitungan yang Berkaitan dengan Uang

LAPORAN OBSERVASI DI SD MUHAMMADIYAH I PALEMBANG (LAPORAN KE-8)

PENGANTAR

Permasalahan terkait uang bagi siswa di kelas III SD telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari mereka. Misalkan terkait penggunaan uang jajan sekolah serta berbagai aktivitas jual beli yang melibatkan uang. Dari hasil diskusi dengan guru kelas III SD Muhammadiyah I Palembang, siswa di kelas tersebut telah memiliki pemahaman yang cukup baik terkait penggunaan uang yang melibatkan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian atau pembagian. Untuk itu pada observasi kali ini, observer akan memberikan soal-soal assessment terkait masalah-masalah dalam kehidupan seharai-hari yang melibatkan uang.

TUJUAN

Tujuan dari observasi ini adalah untuk memberikan soal-soal assessment terkait uang kepada siswa sebagai evaluasi bagaimana pemahaman siswa dalam mengaitkan permasalahan terkait uang dengan operasi hitung matematikannya.

PERTANYAAN OBSERVASI

Apakah soal-soal assessment yang diberikan dapat membantu siswa dalam memahami konsep operasi hitung Matematika dalam penyelesaian masalah terkait uang dalam kehidupan sehari-hari?

HASIL DAN PEMBAHASAN

Pada awal pembelajaran materi terkait dengan uang, siswa ditanya tentang uang jajan yang mereka terima setiap harinya. Setiap siswa diperintahkan untuk menuliskan besarnya uang jajan mereka pada hari itu pada selembar kertas yang mereka miliki. Kemudian mereka diperintahkan untuk memperkirakan barang atau makanan apa saja yang bisa mereka beli dengan uang tersebut dengan menuliskan harga tiap barang atau makanan tersebut. Uang tersebut bisa dihabiskan seluruhnya atau disisakan. Jika disisakan, mereka harus menuliskan berapa sisanya. Dalam hal ini, seluruh siswa tidak mengalami kesulitan. Berikut ini gambar beberapa pengerjaan siswa tentang perkiraan apa yang dapat mereka beli dengan uang jajan yang mereka miliki.


Pertanyaan dikembangkan dengan meminta kepada mereka untuk membuat variasi jenis barang atau makanan yang lain yang bisa mereka beli. Dalam hal ini mereka juga bisa mengerjakannya dengan baik.

Selanjutnya, siswa diberikan soal-soal kontekstual terkait uang yang akan dijawab per individu. Selama mengerjakan soal, banyak dari siswa yang aktiv bertanya untuk meyakinkan apakah jawaban mereka benar atau salah. Sebagian besar mereka bisa menentukan hasil akhirnya dengan perhitungan yang mereka pahami dari penggunaan uang dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya Rp 3.000,00 ditambah Rp 700,00 adalah Rp 3.700,00. Mereka bisa menjawab ini dengan menghitung langsung dari berdasarkan pemahaman mereka tentang uang. Ada juga yang menghitungnya dengan jari. Akan tetapi ketika mereka diminta untuk menjumlahkannya dalam bentuk matematika seperti penjumlahan bersusun, banyak dari mereka yang tidak bisa. Berikut ini gambar soal dan hasil pengerjaan siswa.

Dari hasil jawaban siswa, terlihat bahwa rata-rata siswa telah mampu memahami soal yang berkaitan dengan uang. Mulai dari jenis mata uang, hingga perhitungan yang menuntut mereka untuk berfikir aktif dan kreatif dalam pembelanjaan uang. Seperti halnya pada soal terakhir, siswa diminta membuat daftar barang-barang yang bisa mereka beli dengan uang Rp.20.000,- berdasarkan daftar harga barang yang tersedia dalam kotak.

Untuk mengetahui pemahaman siswa terkait penjumlahan bersusun dari sejumlah nominal uang, siswa diminta untuk maju ke depan kelas untuk mengerjakan soal yang diberikan oleh guru. Sebagian mereka ada yang sudah bisa, sebagian yang lain belum. Bagi siswa yang belum mengerti mereka diberi beberapa penjelasan dari guru kelas dan observer.  Dari sini, bagi siswa yang tetap mengalami kesulitan dengan konsep penjumlahan bersusun pada operasi hitung matematika, mereka dapat menggunakan cara mereka sendiri bagaimana menyelesaikan masalah yang uang dengan mengaitkannya pada apa yang telah mereka pahami tentang penggunaan uang dalam jual beli. Berikut ini gambar siswa yang sedang berlatih penjumlahan bersusun di depan kelas.

KESIMPULAN

Dari hasil observasi ini, dapat diketahui bahwa sebagian besar siswa mampu mengerjakan soal-soal yang berhubungan dengan uang dengan cara mengaitkannya dengan pemahaman mereka tentang uang yang mereka lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Mereka juga bisa melakukan perhitungan uang dengan cepat melalui penggunaan jari atau perhitungan langsung dalam pemikiran mereka. Tetapi mereka masih kesulitan untuk mengerjaka soal yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan nominal uang dalam bentuk pengerjaan formal seperti penjumlahan atau pengurangan bersusun.

About these ads

One response to “Memecahkan Masalah Perhitungan yang Berkaitan dengan Uang

  1. tolong masukannya bila ada operasi hitung campuran seperti 5+2×4-1:6 berapa hasilnya contoh lain 10:2-9×4+7 tolong penjelasan penyelesainnya. terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s